Sabtu, 27 Februari 2010

JANGAN GUNAKAN AIR PANAS PADA KULIT!!

Penggunaan air panas saat mandi dan membasuh muka sering menjadi tips kecantikan yg banyak direkomendasikan,namun ternyata dari segi medis hal itu tidak dibenarkan. Pemakaian air panas secara rutin dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Air panas akan mengakibatkan terjadinya pengikisan lapisan mantel lemak (sebum) kulit yg berfungsi sebagai pelembab kulit. Sebum bekerja dgn cara mencegah penguapan air yg berlebihan dari kulit. Dgn hilangnya sebum maka kulit akan mudah mengalami iritasi karena hilangnya faktor pelembab pd kulit. Iritasi yg berulang akan membuat kerusakan dan mempercepat terjadinya kerutan di wajah.

Bahaya lain dari penggunaan air panas utk membasuh muka dan mandi adalah memudahkan munculnya alergi pd kulit. Hal ini terjadi karena kehilangan sebum akan memudahkan bahan kimia masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan reaksi alergi. Akibat kulit digaruk maka garukan akan membuat luka sehingga memudahkan pula terjadinya infeksi oleh bakteri maupun jamur kulit.

Oleh karena itu,penggunaan air panas sebagai pembasuh muka dan mandi utk semua umur tidak dianjurkan,terutama pd bayi dan orang tua. Pd golongan ini,sebum relatif lebih sedikit kandungannya pd kulit. Selain itu,mandi sauna pun tidak dibenarkan karena panasnya juga akan merusak kulit

Air yg baik utk digunakan sebagai pembasuh muka ataupun mandi adalah air yg kira2 bersuhu 36 derajat celcius. Dgn suhu tersebut,panas air masih dapat ditoleransi tubuh dan maksimal batas toleransinya adalah 50 derajat celcius. Utk lebih amannya lagi,gunakanlah air utk mandi dan membasuh muka sesuai suhu kamar.

Lebih dalam tentang "Self Injury"


Sama seperti postingan beberapa waktu lalu, tapi kali ini akan di bahas lebih detaile lagi...
Self injury adalah kegiatan yang dilakukan individu untuk melakukan melukai atau menyakiti diri sendiri, hingga saat ini tidak terdapat kesepakatan secara internasional mengenai definisi self injury. Secara ringkas self injury didefinisikan sebagai mekanisme coping yang digunakan seorang individu untuk mengatasi rasa sakit secara emosional atau menghilangkan rasa kekosongan kronis dalam diri dengan memberikan sensasi pada diri sendiri. Self injury merupakan mekanisme coping yang kejam dan merusak namun banyak orang melakukannya karena memang mekanisme tersebut bekerja dan bahkan bisa menyebabkan kecanduan. Dalam pendefinisian lain dikatakan bahwa self injury merupakan segala tindakan melukai diri sendiri yang dilakukan secara sengaja tanpa adanya maksud membunuh dirinya ataupun tidak berhubungan dengan kepentingan estetika (misal tato) dan sanksi sosial dengan tujuan membebaskan diri dari distress emosional.

Rasa sakit secara fisik lebih mudah dihadapi ketimbang sakit secara psikis sebab sakit secara fisik nampaknya lebih nyata. Nyeri fisik dapat membuktikan pada seseorang bahwa rasa sakit yang dirasakan secara emosional memang benar dan nyata. Perilaku ini dapat membawa ketenangan dan membangunkan seseorang. Namun demikian self injury hanya menyebabkan pembebasan yang bersifat sementara dan tidak mengatasi akar permasalahannya. Hingga akhirnya seseorang yang pernah melakukannya akan memiliki kecenderungan untuk mengulanginya dengan peningkatan pada frekuensi dan derajat kerusakan secara fisik yang ditimbulkannya.

Self injury dalam istilah lain dikenal sebagai self harm (SH), self-inflicted violence (SIV), dan self-mutilation walaupun oleh sebagian besar orang definisi yang terakhir dianggap kurang tepat terutama di kalangan pelakunya. Dalam arti yang lebih luas, self injury meliputi juga fenomena lainnya yang berkaitan dengan pengrusakan tubuh sendiri namun pelakunya melakukan tindakan ini dengan harapan dapat mengatasi atau membebaskan diri dari emosi yang tidak tertahankan atau rasa tak nyaman.

Bentuk paling umum dari self injury adalah membuat irisan dangkal pada lengan atau tungkai. Tindakan ini di kalangan para pelakunya dikenal sebagai “cutting” dan pelaku self injury yang secara rutin melakukannya dikenal sebagai seorang “cutter”. Luka iris multipel yang terlokalisasi tersebut biasanya memiliki kemiripan satu sama lain dalam arti terpola dan hal ini merupakan ciri khas dari “cutting”. Pada keadaan yang lebih jarang dijumpai, perilaku ini meliputi juga pemotongan pada bagian tubuh tertentu, misalnya saja payudara dan organ kelamin. Contoh self injury lainnya meliputi:
· Meninju, memukul, dan mencakar diri sendiri
· Menggigit tangan, lengan, bibir, atau lidah
· Menggaruk-garuk kulit sampai berdarah
· Mengutak-atik luka yang sedang dalam proses penyembuhan
· Mememarkan tubuh lewat kecelakaan yang sudah direncanakan sebelumnya
· Membakar diri baik dalam bentuk ringan misal dengan rokok atau pembakaran tubuh secara luas.
· Menusuk diri sendiri dengan kawat, peniti, paku, pulpen, dan lainnya.
· Mematahkan tulang-tulang mereka sendiri
· Mencungkil mata
· Menelan bahan kimia korosif, baterai, peniti, dan benda lainnya.
· Pada beberapa kasus juga dilaporkan pelaku meracuni dirinya sendiri secara berulang.

Kesalahan konsepsi yang lazim dijumpai dalam self injuryadalah bahwa masyarakat umum menganggap bahwa tindakan ini dilakukan oleh pelakunya untuk mencari perhatian semata. Sedangkan dalam kenyataannya, banyak pelaku self injury yang sangat menyadari keberadaan luka dan parut pada tubuh mereka dan umumnya mereka berusaha menyembunyikannya dari orang lain. Jika dipertanyakan oleh orang lain bagaimana mereka memperoleh luka-luka tersebut maka biasanya mereka menjawab bahwa luka-luka tersebut diperoleh dengan cara lain misalnya saja kecelakaan dan biasanya mereka menyembunyikannya dengan cara menggunakan baju yang sangat tertutup.

Walaupun perilaku ini nampaknya ekstrim namun sebenarnya kita tetap dapat melihat perilaku self injury dalam kelompok masyarakat yang ’sehat’. Misalnya menggigiti kuku, memencet jerawat, atau menggaruk bekas gigitan nyamuk sampai berdarah. Ada banyak juga orang-orang yang rela mengikuti diet hingga kelaparan hanya supaya dapat memakai celana ukuran tertentu. Jadi harus diperhatikan bahwa sebenarnya banyak orang yang melakukannya namun yang harus diperhatikan adalah bila kegiatan ini sudah membutuhkan perhatian khusus.

Self injury merupakan kelainan psikologis yang jarang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari bukan karena jumlah kasus ini sedikit namun karena kasus-kasus yang ada merupakan suatu “fenomena gunung es”. Saat ini terdapat kecenderungan semakin meningkatnya jumlah remaja dan dewasa muda yang melakukan self injury sehingga topik ini harus dipahami dengan lebih baik. Seringkali kasus self injury menimbulkan kesulitan baik untuk pelaku sendiri maupun terhadap psikiater yang bertugas menjadi terapisnya. Jika tidak ditangani secara tepat maka self injury dapat berubah menjadi usaha bunuh diri yang nyata.

Tindakan mengambil pisau kemudian digunakan untuk diiriskan pada tubuh sendiri kemudian memperhatikan darah yang mengalir dari luka tersebut mungkin merupakan tindakan yang tidak terbayang dapat dilakukan oleh seseorang. Namun dalam kenyataannya beberapa orang melakukannya. Tindakan ini dikenal sebagai self injury. Self injury atau self harm (menyakiti/melukai diri sendiri) merupakan tindakan menimbulkan luka-luka pada tubuh diri sendiri secara sengaja. Tindakan ini dilakukan tidak dengan tujuan bunuh diri tetapi sebagai suatu cara untuk melampiaskan emosi-emosi yang terlalu menyakitkan untuk diekspresikan dengan kata-kata oleh karena itu maka self injury dibedakan dari bunuh diri walau keduanya sama-sama menyebabkan luka fisik pada tubuh. Perilaku ini bertujuan untuk mencapai pembebasan dari emosi yang tak tertahankan, perasaan bahwa dirinya tidak nyata, dan mati rasa. Self injury merupakan hal yang tabu baik di budaya timur maupun barat.

Istilah Istilah dalam Ms. Excel


















Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.

Istilah-istilah dalam Excel
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5

2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.

3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)

4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6

5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6

6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7

7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5

8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7

Rumus-Rumus dalam ms. Excel

sebenarnya ini pelajaran TI&K sebelum ulangan tapi baru saya posting sekarang karna baru nemu materinya hehe..
waktu itu seminggu sebelum ulangan kalo gak salah, kita di beri materi tentang rumus fungsi atau formula dan sebangsatnya. kurang lebih materi yang di berikan sebagai berikut :

Menulis Rumus
1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan

2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
1. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
2. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
5. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
6. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)

yak kurang lebih seperti yang tersebut diatas..
mohon maaf bila ada kesalahan namanya manusia sering kali khilaf XD
sampai jumpa di TI&K berikutnya...

hai Monumen Nasional

hari itu ceritanya gw sama temen-temen sekolah gw disuruh nonton drama di RRI sama guru bahasa indonesia.
setelah nonton gw sama temen-temen gw emang udah punya niat buat jalan ke monas karna gw pengen banget foto kayang di depan monas kayak yang pernah dilakuin sama blogger yang namanya Raditya Dika itu loh orang terkenal kelainan di muka bumi ini (?)
yaudahlah apapun itu gak penting.
selama perjalanan menuju monas kita foto-foto dan ini beberapa foto selama perjalanan ke monasnya :



























sedangkan ini adalah foto temen gw yang sepertinya udah gak sabar untuk masuk kedalam kawasan monas dan mereka memutuskan untuk manjat :















nah kalo ini foto waktu baru nyampe monas..bisa kalian liat seberapa girangnya teman - teman saya ketika bisa melihat monas dari dekat XD :















setelah itu kami memutuskan untuk berjalan agar lebih dekat lagi dengan monas, saat mulai berjalan tiba-tiba ada bapak-bapak macam polisi (gak ngerti lah polisi apa bukan)manggil manggil kita trus ngajak foto dan salah satu teman saya berfoto menggunakan motor milik polisi tersebut :





















setelah puas berfoto-foto dengan motor pak polisi, kita lanjut foto-foto norak di hadapan Monumen Nasional.





























dan diantara temen-temen gw yang gak normal sepertinya yang bisa dibilang fotonya paling gak normal itu adalah gw bisa kalian lihat dibawah

'


















dan foto saya tersebut adalah penutupan dari penulisan blog kali ini..
terima kasuh..
XDD

eh salah ketik..
terima kasih..
:D

Jumat, 26 Februari 2010

CUKUP MEREKA BERDUA YANG HINGGAP DI TUBUH INI!

sakit kepala yang luar biasa itu sudah sering gw alami sejak gw duduk di bangku SMP..
kadang kalo kepala udah mulai berasa sakit banget rasanya buat gerakin semua anggota tubuh termasuk ngomong gw gak bisa..
karna tiap gerakan yang gw lakuin pasti menimbulkan rasa sakit yang makin menjadi. dan kalo gw udah mulai gak tahan dengan hal tersebut..gw akan membenturkan kepala gw ke tembok atau lantai atau benda apasaja yang cukup keras untuk gw membenturkan kepala gw. dengan tujuan agar merasa lebih baik (padahal gw tau yang gw lakukan itu justru memperburuk keadaan).
dalam beberapa keadaan sakit kepala ini juga menimbulkan mual yang membuat gw harus muntah berkali - kali, bahkan pingsan.

entah apa yang sebenernya ada dibadan gw yang menyebabkan kepala gw ini sering sakit.
sampe sekarang gw gak pernah tau apa itu.
kadang fikiran gw suka di bayang-bayangin sama yang namanya kanker otak , tapi gw selalu menolak fikiran itu . karna dari sebuah fikiran aja bisa menjadi sugesti untuk badan kita. dengan kata lain segala sesuatu yang kita terlalu pikirkan (terutama fikiran jelek)bisa saja terjadi karna sugesti yang diberikan oleh otak kita.
gw selalu berusaha membuang jauh-jauh bayangan itu..
Pernah juga gw di bayang-bayangin yang namanya penyakit Leukemia dan LUPUS dan bayangan itu akhirnya bisa hilang setelah gw bisa check darah lengkap di lab.
gw selalu berharap bakalan jauh dari penyakit-penyakit berbahaya tersebut.
cukup Rhinofaringitis Akut dan Maagh Kronis yang hinggap dibadan gw..
mereka berdua aja udah cukup menyiksa kehidupan gw.. =____=

YAA ALLAH ku mohon jauhkanlah diriku dari segala penyakit berbahaya tersebut..
kabulkanlah permohonanku YA ALLAH...
AMIIN....
X(

huwaaah.. tadinya masi mau di lanjut..
tapi si Lumby a.k.a lambung gw ngajak berantem tiba-tiba..
lanjut kapan kapan aja deh..
byee...

Gejala Kanker / Tumor Otak dan Pencegahannya

Otak adalah pusat kehidupan. Segala aktivitas kehidupan, hingga yang sekecil-kecilnya, hanya bisa terjadi melalui mekanisme yang diatur oleh otak. Dalam waktu yang bersamaan otak harus menjalankan beribu-ribu aktivitas sekaligus. Saat tiba-tiba mendengar suara klakson dari belakang maka secepat kilat otak menyuruh kaki meloncat ke tepi, menyuruh leher menoleh ke belakang, menyuruh mata membelalak, menyuruh otot-otot menegang untuk mengatasi situasi darurat, menyuruh jantung memompa darah lebih kencang, menyuruh hidung tetap bernafas, dan masih banyak lagi yang harus diaturnya, bahkan terkadang masih sempat-sempatnya menyuruh mulut memaki….

otak_manusia. Semua itu dapat dilaksanakan bersamaan karena diatur oleh bagian otak yang berbeda-beda. Ya, otak memiliki banyak bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda. Secara garis besar otak terbagi atas tiga bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brain stem). Masing-masing bagian terbagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lebih kecil lagi, dan lebih kecil lagi. Seperti bagian-bagian tubuh lain, otak bisa terkena tumor maupun kanker. Bedanya, jika pada bagian tubuh lain tumor jinak kadang tidak mengganggu dan tidak berbahaya, di otak tumor jinak pun bisa sangat mengganggu dan membahayakan nyawa.

Banyaknya bagian otak yang memiliki fungsi pengaturan tubuh yang berbeda-beda membuat tumor dan kanker otak memiliki gejala yang sangat variatif. Gejala yang muncul sangat tergantung di bagian otak mana tumor tersebut muncul.

Gejala umum tumor dan kanker otak adalah sebagai berikut:

Gejala Serebral Umum

Dapat berupa perubahan mental yang ringan (psikomotor asthenia), yang dapat dirasakan oleh keluarga dekat penderita berupa: mudah tersinggung, emosi, labil, pelupa, perlambatan aktivitas mental dan sosial, kehilangan inisiatif dan spontanitas, mungkin diketemukan ansietas dan depresi. Gejala ini berjalan progresif dan dapat dijumpai pada 2/3 kasus.


Nyeri Kepala


Diperkirakan 1% penyebab nyeri kepala adalah tumor otak dan 30% gejala awal tumor otak adalah nyeri kepala. Sifat nyeri kepala bervariasi dari ringan dan episodik sampai berat dan berdenyut, umumnya bertambah berat pada malam hari dan pada saat bangun tidur pagi serta pada keadaan dimana terjadi peninggian tekanan tinggi intrakranial. Adanya nyeri kepala dengan psikomotor asthenia perlu dicurigai tumor otak.

Muntah

Terdapat pada 30% kasus dan umumnya meyertai nyeri kepala.Bangkitan kejang dapat merupakan gejala awal dari tumor otak pada 25% kasus, dan lebih dari 35% kasus pada stadium lanjut. Diperkirakan 2% penyebab bangkitan kejang adalah tumor otak.

Perlu dicurigai penyebab bangkitan kejang adalah tumor otak bila:

- Mengalami status epilepsi

Bangkitan kejang ditemui pada 70% tumor otak di korteks, 50% pasien dengan astrositoma, 40% pada pasien meningioma, dan 25% pada glioblastoma.


Pencegahan Kanker/Tumor Otak


Dr Amarullah Siregar PhD meyakinkan bahwa Penyakit kanker dapat dicegah dengan cara hidup sehat, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung proxeronin, zat yang sangat baik dalam mengontrol pembelahan sel secara sempurna.

Self Injury




















































Self injury merupakan kelainan psikologis yang jarang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari bukan karena jumlah kasus ini sedikit namun karena kasus-kasus yang ada merupakan suatu “fenomena gunung es”. Saat ini terdapat kecenderungan semakin meningkatnya jumlah remaja dan dewasa muda yang melakukan self injury sehingga topik ini harus dipahami dengan lebih baik. Seringkali kasus self injury menimbulkan kesulitan baik untuk pelaku sendiri maupun terhadap psikiater yang bertugas menjadi terapisnya. Jika tidak ditangani secara tepat maka self injury dapat berubah menjadi usaha bunuh diri yang nyata.

Tindakan mengambil pisau kemudian digunakan untuk diiriskan pada tubuh sendiri kemudian memperhatikan darah yang mengalir dari luka tersebut mungkin merupakan tindakan yang tidak terbayang dapat dilakukan oleh seseorang. Namun dalam kenyataannya beberapa orang melakukannya. Tindakan ini dikenal sebagai self injury. Self injury atau self harm (menyakiti/melukai diri sendiri) merupakan tindakan menimbulkan luka-luka pada tubuh diri sendiri secara sengaja. Tindakan ini dilakukan tidak dengan tujuan bunuh diri tetapi sebagai suatu cara untuk melampiaskan emosi-emosi yang terlalu menyakitkan untuk diekspresikan dengan kata-kata oleh karena itu maka self injury dibedakan dari bunuh diri walau keduanya sama-sama menyebabkan luka fisik pada tubuh. Perilaku ini bertujuan untuk mencapai pembebasan dari emosi yang tak tertahankan, perasaan bahwa dirinya tidak nyata, dan mati rasa. Self injury merupakan hal yang tabu baik di budaya timur maupun barat.

Mengiris/menggores dan membakar kulit adalah bentuk-bentuk self injury yang paling umum. Biasanya mereka menggunakan silet, pisau, pecahan kaca, atau alat-alat tajam lainnya-bahkan tutup botol atau kartu kredit. Keluarga pelaku atau orang-orang di sekitar mereka yang mencoba menghalangi dengan menyingkirkan benda-benda tajam sering kali terkejut karena mereka sangat kreatif dan dapat mengubah benda apapun menjadi senjata dalam sekejap.Tangan dan kaki adalah sasaran utama, begitu juga dada, perut, paha dan alat kelamin. Kadang-kadang mereka menorehkan kata-kata di kulit mereka-misalnya gendut dan jelek-untuk memproyeksikan perasaan mereka akan diri mereka sendiri.

Banyak dari pelaku self injury memiliki pola rutin yang mereka rencanakan dan lakukan secara teratur. Banyak juga yang melakukan tindakan-tindakan ini secara acak, saat mereka memiliki perasaan-perasaan sulit. Mereka menyembunyikan silet di laci, tas, lemari mereka agar selalu tersedia bila dorongan untuk menyakiti dirinya timbul, jika mereka tidak memiliki barang-barang yang dapat dijadikan senjata mereka biasanya kemudian memukul tembok atau membenturkan kepala ke lantai.

Para pelaku self injury memiliki berbagai pandangan tentang perilaku mereka. Kebanyakan setuju bahwa perilaku itu merusak, tetapi mereka merasa tidak bisa berhenti karena rasa nyaman yang diperolehnya. Beberapa dari mereka merasa bangga akan “prestasi” dan nilai seni yang mereka yakini terpancar dari luka-luka mereka. Sedangkan di lain pihak beberapa dari mereka merasa sangat malu akan bekas-bekas luka mereka dan berharap mereka dapat menghilangkan bekas-bekas yang ada pada tubuh mereka.

Hal yang harus dikhawatirkan adalah bahwa banyak remaja yang saat ini melakukan self injury akibat menganggapnya sebagai suatu perilaku yang luar biasa dan unik, dan perilaku ini menyebar di kalangan remaja seperti gangguan pola makan. Penelitian saat ini belum bisa menunjukan bahwa efek penyebaran secara sosial ini benar adanya namun Yates (2004) menyatakan bahwa terdapat bukti-bukti yang menunjukan bahwa seseorang melakukan self injury karena mempelajarinya dari orang lain. Meskipun bukti-bukti yang pasti saat ini menunjukan bahwa kebanyakan pelaku menemukan pola perilaku ini secara tidak sengaja. Sebagai contoh, Conterio dan Favazza (1989) menemukan bahwa 91% pelaku melakukannya setelah mengetahuinya dari orang lain atau membacanya di salah satu media sebelum memutuskan untuk terlibat dalam perilaku ini.

Kamis, 25 Februari 2010

Leukemia

Leukemia atau kanker darah adalah sekelompok penyakit neoplastik yang beragam, ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid. Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia mempengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.

Kata leukemia berarti darah putih, karena pada penderita ditemukan banyak sel darah putih sebelum diberi terapi. Sel darah putih yang tampak banyak merupakan sel yang muda, misalnya promielosit. Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya.

Leukemia dapat diklasifikasikan atas dasar:

Perjalanan alamiah penyakit: akut dan kronis
Leukemia akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan, dan memburuk. Apabila tidak diobati segera, maka penderita dapat meninggal dalam hitungan minggu hingga hari. Sedangkan leukemia kronis memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari 1 tahun bahkan ada yang mencapai 5 tahun.


Tipe sel predominan yang terlibat: limfoid dan mieloid

Kemudian, penyakit diklasifikasikan dengan jenis sel yang ditemukan pada sediaan darah tepi.
* Ketika leukemia mempengaruhi limfosit atau sel limfoid, maka disebut leukemia limfositik.
* Ketika leukemia mempengaruhi sel mieloid seperti neutrofil, basofil, dan eosinofil, maka disebut leukemia mielositik

Jumlah leukosit dalam darah
* Leukemia leukemik, bila jumlah leukosit di dalam darah lebih dari normal, terdapat sel-sel abnormal
* Leukemia subleukemik, bila jumlah leukosit di dalam darah kurang dari normal, terdapat sel-sel abnormal
* Leukemia aleukemik, bila jumlah leukosit di dalam darah kurang dari normal, tidak terdapat sel-sel abnormal

Prevalensi empat tipe utama
Dengan mengombinasikan dua klasifikasi pertama, maka leukemia dapat dibagi menjadi:

* Leukemia limfositik akut (LLA) merupakan tipe leukemia paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih
* Leukemia mielositik akut (LMA) lebih sering terjadi pada dewasa daripada anak-anak.Tipe ini dahulunya disebut leukemia nonlimfositik akut.
* Leukemia limfositik kronis (LLK) sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak
* Leukemia mielositik kronis (LMK) sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit

Tipe yang sering diderita orang dewasa adalah LMA dan LLK, sedangkan LLA sering terjadi pada anak-anak

Patogenesis
Leukemia akut dan kronis merupakan suatu bentuk keganasan atau maligna yang muncul dari perbanyakan klonal sel-sel pembentuk sel darah yang tidak terkontrol. Mekanisme kontrol seluler normal mungkin tidak bekerja dengan baik akibat adanya perubahan pada kode genetik yang seharusnya bertanggung jawab atas pengaturan pertubuhan sel dan diferensiasi.

Sel-sel leukemia menjalani waktu daur ulang yang lebih lambat dibandingkan sel normal. Proses pematangan atau maturasi berjalan tidak lengkap dan lanbar dan bertahan hidup lebih lama dibandingkan sel sejenis yang normal.

Etiologi
Penyebab leukemia belum diketahui secara pasti, namun diketahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi leukemia, seperti:

.Radiasi dapat meningkatkan frekuensi LMA dan LMA. Tidak ada laporan mengenai hubungan antara radiasi dengan LLK. Beberapa laporan yang mendukung:

* Para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia
* Penderita dengan radioterapi lebih sering menderita leukemia
* Leukemia ditemukan pada korban hidup kejadian bom atom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang

.Faktor leukemogenik
Terdapat beberapa zat kimia yang telah diidentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukemia:

* Racun lingkungan seperti benzena
* Bahan kimia industri seperti insektisida
* Obat untuk kemoterapi

.Epidemiologi

* Di Afrika, 10-20% penderita LMA memiliki kloroma di sekitar orbita mata
* Di Kenya, Tiongkok, dan India, LMK mengenai penderita berumur 20-40 tahun
* Pada orang Asia Timur dan India Timur jarang ditemui LLK.

.Herediter

Penderita sindrom Down memiliki insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang normal.

.Virus dapat menyebabkan leukemia seperti retrovirus, virus leukemia feline, HTLV-1 pada dewasa

Senin, 22 Februari 2010

ulangan terselulit! eh TERSULIT (maaf) :-P

minggu lalu TI&K itu ulangan..
materi ulangannya itu tentang nona Excel..
dan yang perlu di ketahui.. ulangannya itu adalah ulangan TI&K terpaling SELULIT!!

CHAA!!
hah?
ITUU!!
apaan sih?? *muka rata*
kenapa jadi "SELULIT" !!??
he?? *nengok ke arah tulisan* oh iya..maap hehe..
okeh di ulang..
sip!

ulangan itu adalah ulangan TI&K terpaling SULIT!! yang pernah saya hadapi..
=__________=
apalagi saya terbiasa dengan yang namanya Nona-nona (baca : Microsoft) 2003 karena di Komputer saya yang saat ini sedang saya gunakan untuk menulis blog masi setia dengan nona 2003 belom dan mungkin tak akan ada niat berpaling ke nona 2007..
o_O

sekarang cerita pas ulangannya nih..
pertama kita masuk dulu ke dalem ruang TI&K, terus duduk di tempat yang diatur sama gurunya, setelah duduk kita di kasi kesempatan belajar berapa menit gitu lupa.. :-P
setelah belajar baru dah tuh di bagiin kertas ulangannya.. eh iya sebelum ulangan tadi tuh kita disuruh ngoreksi ulangan anak kelas X kita sih tadinya berharap bakal ngoreksi ulangan punya kelas tetangga yaitu kelas XI IPA 2 tapi waktu kita bilang begitu ibunya langsung nawarin ulangan ESSAY!!! dari pada essay mendingan kaga usah ngoreksi dah kata kita..(???)
nah saat ulangan ibunya bilang "Kerjakan sendiri - sendiri yah, disini kawasan dilarang mencontek" === tapi emang dasar anak - anak jaman sekarang dikasi kata - kata begitu doang mah kaga bakal mempan..===
haha..
tetaplah kami saling contek mencontek dikala kepepet.. XDD ===nyontek kok kayaknya bahagia amat=== *nepuk jidat*

beberapa waktu berlalu sedikit demi sedikitpun jumlah anak yang ulangan semakin terkikis ===habis maksudnya===
entah kenapa di saat - saat seperti itu saya sering sekali merasa panik..
mungkin karna takut kehabisan temen untuk DI CONTEK kali yah?? ===terlalu jujur===
==a
ada beberapa pertanyaan yang buat saya cukup lama parkir untuk berfikir mau nyilang di sebelah mana..saya berfikir tapi saya tidak tau apa yang harus saya fikirkan untuk pertanyaan tersebut..=__________=
salah satu pertanyaan yang membuat saya parkir berulang kali adalah ;
"berapa jumlah baris pada Ms. Excel 2007? " ===kalo liat option nya angkanya itu seratus ribuan hampir duaratusribuan gitu dah=== -.-
dan sang HIPOTALAMUS langsung berkata : "MASYAALLAAAAAH!!! GW GAK PERNAH MAIN SAMA NONA EXCEL 2007, APALAGI NGITUNG BARISANNYAAAAA" hipotalamuspun menangis (?)
karena merasa sudah tidak sanggup dengan pertanyaan tersebut sayapun mencontek T.T
"naafkan aku bundoo Te Ii Koooo... ambo khilooofff..eh khilaaaf..." >.<

yak sekian dan terimakasih
XDD

Kamis, 18 Februari 2010

lelah berjam-jam,,selesai kurang dari 2 menit

selasa, 16 February 2010
hari itu adalah hari dimana gw ikut audisi Indonesian Idol..
tadinya agak-agak males untuk ikut gituan..tapi entah keinginan dari mana muncul jadi semangat untuk ikut..
jadilah pada hari itu gw berangkat bareng temen-temen gw (yang janjinya jemput jam 7 ternyata ngaret jadi jam 9 ==a) menuju lokasi ; Mall Glodok Kemayoran
woahaha sampailah disana kita jam 10an...
muter-muter nyari parkir..niatnya langsung parkir di lantai 9 << audisi diadain di lantai 9..ternyata sampe lantai 7 parkiran udah di tutup akhirnya kita turun lagi..
setelah dapet parkir di lantai 3 food court..
kita turun dari mobil terus naiklah ke lantai atas lewat tangga basement..
setelah sampe lantai 7 ternyata lantai 7 di kunci...
akhirnya kita turun lagi ke lantai 6 dan mutusin untuk naik lift..
dan ternyata lift yang kita naikin ini cuma bisa sampe lantai 7 =____=
setelah itu kita keluar dari lift nanya lah ama satpam,, baru deh di kasih tau lift yang bisa menuju ke lantai 8 (bukan 9 ==a),setelah naik langsung deh tuh ketemu orang banyak << antrian yang ikut audisi..
gw pun yang berempat sama temen gw yang ikut audisi masuk ke dalam ruangan dan temen gw yang 3 lagi yang gak ikut audisi gak di bolehin masuk..
okelah jadi kami berempat ngantri macam lagi di dufan tapi ini lebih parah dari dufan...
antrian orang di basement lantai 8 itu panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget..
:-&
dan semua itu isinya cuma orang yang mau ikut audisi II doang... >.<
selama antri itu banyak yang nyanyi-nyanyi,, ngobrol,, becandaan,,ada juga yang nyombongin dirinya.. dan ada juga yang sibuk bebacaan (gak ngerti dukun dari mana ?)..
gak terasa ternyata gw itu ngantri dari jam 10.30an - 12.00an..
parah banget...
mana sempet ada yang kentut lagi di barisan yang bau nya sumpah BUSUK banget =___=
setelah selesai ngantri panjang itu kita ambil formulir.. trus masuk lah ke dalam sebuah ruangan mungkin biasanya disebut kayak aula gitu kali yak?
gak ngerti lah apa itu >.< yang jelas ruangan lapang yang gedeeee banget tapi ada panggungnya dan dingin..hehe..
disitu kita ngisi formulir sambil ngadem beberapa saat..
ada juga yang shooting dadakan buat seru-seruan II 2010..
hahaha rame banget kek cendol orang...
setelah beberapa saat duduk di ruangan tersebut,, kita di bagi perkelompok.. 10 orang tiap kelompoknya..abis itu maju lagi lah ke ruangan selanjutnya..
yaitu PRECAST ROOM << tempat dimana kita di audisi oleh juri sebelum juri inti (yang di tv itu)..
saat antri ada crew dari II yang marah-marah karna orang-orang pada rame,, feeling gw tuh crew kecapean kali yah dari pagi.. udah stress jadi marah-marah aja bawaannya..
=_____= serem juga tapi ya namanya anak-anak muda jaman sekarang di marahin malah ngeledekin orang yang marahin << berasa udah tua hahaha

udah deh tuh.. setelah baris lagi kita masuk ke tempat yang disebut PRECAST ROOM..
disitu kita duduk dulu di kursi sambil nunggu giliran masuk ke dalam box (atau yang menurut gw lebih mirip tempat coblos)
sampai pada akhirany giliran gw yang coblos..eh maksud saya masuk kedalam box tersebut pada pukul 4 lewat ==a
didalamnya terdapat 2 makhluk wanita yang katanya adalah juri (emang juri icha!!!)
belom sampe 2 menit gw udah harus berenti..
haha...
setelah itu masuklah kami ber 50 ke sebuah ruangan yang disebut RESULT ROOM...
dan orang yang berada di dalamnya << crew maksud saya
dengan entengnya berkata "selamat sore smuanya..*sambil megang beberapa kertas yang di percaya itu adalah data audisi tadi*"
kami ber50,, "SORE...."
crew,, "baik sbelumnya kami ucapkan terimakasih telah mengikuti audsi ini..tapi mohon maaf kali ini belum ada yang berhasil,, silahkan pulang lewat pintu yang disebelah kiri"
kami ber50,, "......." #beberapa detik kemudian# "WUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA!!!SELAMAT YAHH sumpah tadi lo KEREN BANGET!!" *sambil berjabat tangan antar manusia dan manusia yang lain*

selesai audisi tersebut...
gw makan sama temen gw di luar MGK..
di pinggir jalannya lah...
setelah makan tiba-tiba ada bapak-bapak berjaket muncul pas dia buka jaketnya astaghfirullah di badannya itu penuh ulet ijo..
hiyaacks!!
jijay bajay dah :-&
untung udah slesai makan jadi bisa kabur..
setelah pergi dari lokasi kita merapat ke la piazza trus nonton Percy Jackson deh...
hihiy..
abis itu baru pulang...

walopun cape antri berjam-jam,,ngorbanin untuk bolos sekolah,, dan ternyata gak dapet hasil yang memuaskan...
tapi gapapa deh yang penting seru dan dapet banyak pengalaman..
hahaha...

ALHAMDULILLAH..
XDD

Kamis, 11 Februari 2010

nyanyian dalam beberapa hari ini -,-

F G Dm
When I see your smile
Bb F
Tears roll down my face
C Dm Bb
I can't replace
F C
And now that I'm strong I have figured out
D Bb
how this world turns cold and it breaks through my soul
F C D Bb
and I know I'll find deep inside me, I can be the one
F C
I will never let you fall
D Bb
I'll stand up for you forever
F C
I'll be there you through it all
D Bb
Even if saving you sends me to heaven
( Intro ... )
F C
Seasons are changing and waves are crashing
D Bb
and stars are falling all for us
F C
days grow longer and nights grow shorter
D Bb
I can show you I'll be the one
F C
I will never let you fall
D Bb
I'll stand up for you forever
F C
I'll be there for you through it all
D Bb
Even if saving you sends me to heaven
F
Cause you're my
C
you're my, my....
D
my true love
my whole heart
Bb C
please dont throw that away
F C
cause I'm here for you
D
please don't walk away
Bb C
please tell me you'll stay, stay...
F C
Use me as you will
D Bb
pull my strings just for a thrill
F C
and I know I'll be okay
D Bb
though my skies are turning grey
F C
I will never let you fall
D Bb
I'll stand up for you forever
F C
I'll be there for you through it all
D Bb
Even if saving you sends me to heaven
F C
I will never let you fall
D Bb
I'll stand up for you forever
F C
I'll be there for you through it all
D Bb
Even if saving you sends me to heaven