Sabtu, 27 Februari 2010

JANGAN GUNAKAN AIR PANAS PADA KULIT!!

Penggunaan air panas saat mandi dan membasuh muka sering menjadi tips kecantikan yg banyak direkomendasikan,namun ternyata dari segi medis hal itu tidak dibenarkan. Pemakaian air panas secara rutin dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Air panas akan mengakibatkan terjadinya pengikisan lapisan mantel lemak (sebum) kulit yg berfungsi sebagai pelembab kulit. Sebum bekerja dgn cara mencegah penguapan air yg berlebihan dari kulit. Dgn hilangnya sebum maka kulit akan mudah mengalami iritasi karena hilangnya faktor pelembab pd kulit. Iritasi yg berulang akan membuat kerusakan dan mempercepat terjadinya kerutan di wajah.

Bahaya lain dari penggunaan air panas utk membasuh muka dan mandi adalah memudahkan munculnya alergi pd kulit. Hal ini terjadi karena kehilangan sebum akan memudahkan bahan kimia masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan reaksi alergi. Akibat kulit digaruk maka garukan akan membuat luka sehingga memudahkan pula terjadinya infeksi oleh bakteri maupun jamur kulit.

Oleh karena itu,penggunaan air panas sebagai pembasuh muka dan mandi utk semua umur tidak dianjurkan,terutama pd bayi dan orang tua. Pd golongan ini,sebum relatif lebih sedikit kandungannya pd kulit. Selain itu,mandi sauna pun tidak dibenarkan karena panasnya juga akan merusak kulit

Air yg baik utk digunakan sebagai pembasuh muka ataupun mandi adalah air yg kira2 bersuhu 36 derajat celcius. Dgn suhu tersebut,panas air masih dapat ditoleransi tubuh dan maksimal batas toleransinya adalah 50 derajat celcius. Utk lebih amannya lagi,gunakanlah air utk mandi dan membasuh muka sesuai suhu kamar.

0 komentar:

Poskan Komentar

feel free to leave comment :)