Rabu, 03 Maret 2010

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP

oke...
posting buat tugas TI&K mingguan lagi nih..
:D
tadi di sekolah kita dikasi tau sama bu Yuni materi untuk UTS TI&K minggu depan..
yaitu :
*Rumus
*Fungsi
*Rumus Absolut
*Fungsi Statistik
*Fungsi Logika(IF,Tunggal,Ganda,AND dan OR)
*Fungsi Teks
*Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP

berhubung materi tentang fungsi Teks sama V/HLOOKUP belom dipelajarin tadi kita belajar itu deh..
pertama sama ibunya kita di kasi tau guna dari fungsi-fungsi tersebut setelah itu kita di kasi latian model gini deh :
















nah disitu tuh kita disuruh ngisi kotak kosongnya menggunakan rumus V/HLOOKUP...
oh iya sebelumnya juga kita di ajarin fungsi Teks yang ngegunain LEFT,MID,RIGHT..
tapi disini kita bahas V/HLOOKUP aja yah soalnya cuma ada contoh yang itu hehe..
:-P
nah gini nih cara ngisinya :














di atas dituliskan fungsi :
=VLOOKUP(B4,$G$4:$H$8,2)

sebenarnya fungsi tersebut tertulis seperti ini:
=VLOOKUP(B4,G4:H8,2)

.keterangan :
B4 = sel kunci
G4:H8 = range data
2 = kolom (yang dibutuhkan misal kolom ke 3 ketik 3 dan seterusnya)

namun fungsi tersebut harus di absolutkan agar fungsi tidak berubah dari yang kita inginkan..
cara mudah untuk mengabsolutkan data tersebut setelah kita memblock data yang ingin di absolutkan lalu tekan F4 pada keyboard dan data akan terkunci secara otomatis..
sehingga bila kita tarik ke bawah data akan tertulis dengan benar..
seperti ini :












namun apabila terdapat kesalahan maka akan tampak seperti ini :













yak kurang lebih begitulah hari ini..
minggu depan UTS jadi belom ada postingan TI&K dulu kayaknya..
mohon maaf ya bu kalo ada yang salah..
hehe

0 komentar:

Poskan Komentar

feel free to leave comment :)